Perkembangan Anak Era Digital

Anak memiliki hak untuk dapat tumbuh di lingkungan yang aman, nyaman, dan mendapatkan perlindungan dari orang dewasa, dan dari negara.

Di era digital saat ini, fokus saya adalah merebut waktu anak dari kebiasaan bermain gadget. Kita harus siapkan lingkungan yang dapat merebut kembali anak-anak kita ke dunia bermain.

Menurut psikiater dan praktisi pendidikan anak dari Korea Selatan, Yee-Jin Shin, seperti dikutip Kompas, dalam buku karangannya “Mendidik Anak di Era Digital” menyebutkan, teknologi digital telah mengganggu pertumbuhan fisik dan mental anak, perkembangan otak dan memengaruhi kecerdasan emosinya.

Belum lagi, temuan UNICEF di tahun 2017 yang menyebutkan bahwa di era digital ini banyak anak yang membuat konten seksual. Celaka!

Apa yang akan saya perjuangakan ketika terpilih menjadi anggota DPRD Kota Tangerang kelak?

PAUD Berkualitas untuk Semua

Saya ingin mendorong agar kesempatan mendapatkan pendidikan berkualitas diperoleh oleh seluruh lapisan anak di Kota Tangerang, mulai dari pendidikan anak usia dini, dengan penekanan pada sikap, dan perilaku yang dibutuhkan untuk menghadapi masa depannya. Penambahan sarana dan prasarana PAUD diikuti dengan pelatihan dan peningkatan kesejateraan tenaga kependidikannya.

Arena Bermain setiap Kelurahan

Dunia bermain adalah dunia anak yang tidak akan pernah kembali lagi. Keberpihakan negara terhadap perkembangan anak melalui arena / taman bermain terbuka harus semestinya dilakukan. Penyediaan arena bermain, alat peraga pendidikan untuk anak, yang tentu saja dilengkapi dengan taman bacaan menurut perkembangan anak. Ingat: Tidak semua anak mendapatkan kesempatan membaca buku cerita seusianya. Negara harus hadir.

Konten Internet Sehat untuk Anak

Penelitian yang dilakukan oleh UNICEF, 2017 menyebutkan bahwa banyak anak yang terpapar konten seksual. Ini berdampak buruk terhadap anak. Saya akan mendorong dilakukannya pembatasan konten yang dapat diakses oleh anak melalui penerapan teknologi content filtering dengan membagikan parental control software secara gratis.